Selasa, 12 Juli 2011

Interaksi Manusia dan Komputer - Contoh Evaluasi

Analisis dan evaluasi untuk desain aplikasi dari protitipe kelompok 1 menurut Norman Guidelines yaitu :

  • Visibility
    • Kesalahan
      1. Pada desain prototipe aplikasi storyboard nomor 1, nampak bahwa bahasa yang digunakan dalam aplikasi ini yaitu bahasa indonesia. Hal ini tentunya sangat berpengaruh apabila pengguna tidak mampu menggunakan bahasa indonesia.
      2. Pada deskripsi aplikasi ini dijelaskan bahwa pengguna terutama anak-anak dapat mengukur kemampuan berhitungnya melalui tingginya level dalam permainan. Namun di semua storyboard tidak nampak keterangan permainan sedang pada level berapa saat ini.
    • Solusi
      1. Sebaiknya pada menu “File” disediakan submenu “Option” yang didalamnya terdapat pengaturan untuk pilihan “Bahasa/Language”.
      2. Sebaiknya diberikan label untuk keterangan permainan sedang berada pada level ke berapa.
    • Saran

-

  • Feedback
    • Kesalahan

-

    • Solusi

-

    • Saran
      1. Feedback pada aplikasi ini sudah cukup bagus yaitu apabila anak menjawab benar akan mendapat nilai 100 namun apabila anak menjawab salah akan terdapat pesan moral jangan menyerah. Namun alangkah lebih baik, jika anak menjawab benar atau pada kenaikan level pada tingkat tertentu diberikan permainan bonus yang seru seperti menyusun kata atau mencari perbedaan gambar sebagai selingan untuk anak.

  • Constraints
    • Kesalahan
      1. Pada desain prototipe aplikasi storyboard nomor 2, terlihat pada kanan atas terdapat sebuah kotak yang didalamnya ada angka 00:00. Objek ini mungkin oleh development merupakan sisa waktu pengerjaan untuk soal yang ada, namun user dapat mengartikannya sebagai hal lain (ambiguitas).
      2. Pada deskripsi aplikasi ini dijelaskan bahwa pengguna terutama anak-anak dapat mengukur kemampuan berhitungnya melalui tingginya level dalam permainan.Namun pada menu “File” maupun “Help”, tidak ada satu pun pengaturan untuk level permainan.
      3. Pada desain prototipe aplikasi storyboard nomor 2, terlihat ada gambar penjumlahan bunga yang dibawahnya juga disertai bentuk numerik akan hal tersebut. Jika dilihat sekilas, sepertinya tanda operasi penjumlahan pada gambar tersebut ada 2, padahal mungkin maksud dari developer disini tentunya hanya 1 yaitu penjumlahan dari bunga yang ada. Hal itu menimbulkan kerancuan arti bagi pengguna.
    • Solusi
      1. Sebaiknya diberikan penambahan label untuk objek ini yang bertuliskan “Sisa Waktu” untuk mengantisipasi user yang tidak mengetahui maksud dari objek tersebut.
      2. Sebaiknya disediakan submenu pilihan level permainan pada menu “File”, agar pengguna dapat menentukan sendiri akan memulai permainan dari level yang diinginkan.
      3. Sebaiknya label operasi penjumlahan yang bawah dihilangkan dan label numerik lebih didekatkan kepada objek yang berkaitan.
    • Saran

-

  • Good mappings
    • Kesalahan
      1. Pada desain prototipe aplikasi storyboard nomor 1-6 tidak terdapat symbol atau tulisan exit pada pojok kanan bawah. Selain itu , juga tidak disertakan tombol previous, pause,next pada setiap page aplikasi. Hal ini bisa menyebabkan user mengalami kebingungan saat mau melakukan tindakan , misalnya : exit secara langsung tanpa disave ataupun pause saat ingin menghentikan permainan sejenak.

      1. Pada desain prototipe aplikasi storyboard nomor 5, letak pengisian nama player diantara gambar female dan male kurang efektif. Karena user akan lebih cenderung memilih / mengklik gambar duluan dari pada mengisi nama player.
    • Solusi
      1. Sebaiknya diberikan button pause, previous , play, next, exit untuk mempermudah user dalam melakukan tindakan.
      2. Sebaiknya, diberikan urutan page kembali saat ingin melakukan pemilihan gender dan penulisan nama player. Misalnya : saat user memilih menu new player maka akan muncul page pemilihan gander male or female. Kemudian baru muncul page pengisian nama player.
    • Saran

-

  • Consistency
    • Kesalahan
      1. Pada aplikasi tidak terdapat alternative menu key sehingga user terlalu lama untuk melakukan aktivitas saat mengklik tombol menu. Misalnya: cukup menekan ctrl + x user bisa keluar dari aplikasi, ctrl + s aplikasi dapat tersimpan secara otomatis, dan lain-lainnya.
      2. Pada desain prototipe aplikasi storyboard nomor 1, jika memperhatikan konsistensi gambar, desain page, dan letak tulisan pada page yang lain, tulisan “ Berhitung ” tidak terletak pada center page. Hal ini dapat mengurangi sisi konsistensi karena subject page tidak terletak di tengah.
    • Solusi
      1. Sebaiknya menambahkan alternative menu key (ctrl + x = exit , ctrl + s = save, dll) untuk mempermudah user dalam penggunaan aplikasi.
      2. Sebaiknya meletakkan subject page ( tulisan “berhitung”) pada center page. Hal ini akan lebih terlihat menarik jika dipandang dari sisi user.
    • Saran

-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar